5 Bahan Makanan yang Telah Terbukti Secara Ilmiah dapat Mencegah Kanker

Tahukah kamu?! Berdasarkan data kementrian kesehatan tahun 2013, angka kejadian penyakit kanker di indonesia lebih dari 347 juta kasus. Bahkan organisasi kesehatan dunia WHO memperkirakan pada tahun 2030, jumlah pasien kanker di indonesia akan meningkat hingga 7 kali lipat dari jumlah saat ini.

Tapi tenang, sebenarnya 30% hingga 50% penyakit kanker dapat dicegah yaitu dengan menghindari faktor risiko kanker.

Hidup sehat merupakan salah satu cara untuk menghindari faktor risiko terkena kanker, termasuk memperhatikan asupan makanan yang kita komsumsi sehari-hari. Mungkin kamu bisa menambahkan beberapa bahan makan yang telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah kanker ini, ke dalam menu makan harian kamu, berikut 5 bahan makan tersebut:

1. Tempe
Hasil fermentasi antara kedelai dan ragi ini mengandung sebuah antioksidan bernama isoflavon. Seperti antioksidan lainnya, isoflavon juga ampuh menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Tempe juga mengandung esterogen nabati (fitoesterogen). Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas North Carolina, Amerika Serikat. Fitoestrogen yang terdapat pada tempe dapat mencegah kanker payudara.

2. Brokoli
Para peneliti dari Oregon State University menemukan bahwa zat sulforaphne pada brokoli dapat mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang.

Kamu bisa menambakan "sayuran kribo" tersebut ke dalam sup bening, tumis, ataupun brokoli cryspy yang crunchy.

3. Tomat
Tomat mungkin bahan makan yang "wajib" ada di setiap masakan. Tidak hanya sebagai pelegkap masakan saja, ternyata tomat juga bisa mencegah kanker.

Studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health menjelaskan bahwa zat warna alami (lycopene) pada tomat merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk melawan kanker.

4. Bawang Putih
Selain menjadikan makanan menjadi kaya rasa, bawang putih juga bisa mencegah kanker.

Kandungan antioksidan allicin pada bawang putih digadang-gadang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker.

5. Kunyit
Biasaya masakan ditambahkan kunyit untuk memperkaya rasa atapun warna makanan. Tak terduga, kandungan kurkumin pada kunyit bisa mencegah kanker.

Kelima bahan makanan tersebut sebenarnya sudah sering berada pada makanan kita sehari-hari. Dengan mengetahui bahwa bahan makan tersebut dapat mencegah kanker, kita bisa lebih sering menambahkannya ke dalam menu harian kita. Tidak hanya menjadikan makan lebih lezat, kita juga bisa memperoleh manfaatnya yang dapat mencegah kanker.